Hasil Swab 10 Warga Kubu Anau Negatif Covid-19

  • Oleh Finand
  • Rabu, 01 Juli 2020 |

Hasil Swab 10 Warga Kubu Anau Negatif Covid-19


Oleh : Finand | Rabu, 01 Juli 2020 |

Lubuk Basung, mckabagam — Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Agam khususnya Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung. 10 orang yang kontak dengan pasien Covid-19 dinyatakan negatif setelah hasil swab nya keluar.

Demikian diungkapkan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini kepada AMC, Rabu (1/7) di Lubuk Basung.

Atas kabar gembira tersebut, Khasman menyatakan rasa syukurnya.

“Untuk kasus ini, jumlah tracking semuanya 15 orang. Namun, karena lima diantaranya anak-anak, maka 10 orang saja di swab. Semuanya adalah pasien tanpa gejala atau OTG,” ujar Khasman.

Menurut Khasman, keluarnya hasil negatif setelah dilakukan pengambilan swab pada Minggu (28/6) pagi dan dikirim ke Laboratorium Biomedik Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang, Senin (29/6) pagi.

“Alhamdulillah, hasilnya semua negatif,” ulasnya lagi.

Sebagai perpanjangan corong pemerintah daerah, Khasman mengapresiasi terhadap kedisiplinan yang dilakukan keluarga korban bersama bidan desa selama masa isolasi mandiri di rumah.

“Pada dasarnya hasil swab kita ambil, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, kita harapkan bagi masyarakat yang terkena Covid-19 agar tidak dikucilkan atau diberi sanksi sosial. Karena, itu semua bukan aib namun hanya musibah semata,” pintanya lagi.

Terkait pelaksanaan new normal, Khasman juga menjelaskan bahwa mayoritas masyarakat berasumsi new normal berarti mulai menjalani kehidupan seperti normal kembali seperti biasanya. Namun, jelas Khasman prinsip new normal adalah bisa menyesuaikan pola hidup bersih dan sehat dengan tetap menjalankan rutinitas seperti bekerja, tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan.

“Kita harap pelaksanaan new normal di Kabupaten Agam berjalan dengan baik, sehingga kasus Covid-19 bisa teratasi,” harapnya.